Daun Salam Koja

Daun salam koja atau dalam bahasa ilmiah disebut dengan Clausena excavata Burn. F. Dengan nama daerah di beberapa wilayah Indoensia diantaranya adalah bagal tikus, tikusan (Jawa), bajetah, ki becetah (Sunda), temung (Aceh), sicerek (Minangkabau) dan salam koja (Jakarta).

Daun salam koja memiliki kandungan kimia antara lain seperti saponin, flavonoid dan tanin. Eekfarmakologis salam koja yaitu bersifat antibiotik dan anti inflamasi. Salam koja tumbuh baik di daerah yang memiliki suhu sedang hingga dingin. Bagian dari tanaman salam koja yang banyak dimanfaatkan adalah duan salam.

Daun Salam Koja

Daun Salam Koja

MANFAAT DAUN SALAM KOJA

Berikut beberapa pemanfaatan daun salam koja untuk beberapa pengobatan, diantaranya adalah :

1. Daun salam koja untuk luka baru

Cuci bersih 5 gram daun segar, lalu tumbuk sampai lumat. Tempelkan ramuan di atas luka. Setelah itu, balut luka dengan kain bersih.

2. Daun salam koja sebagai obat cacing

Ambil 9 lembar daun salam koja segar, lalu cuci bersih dan potong kecil-kecil. Seduh daun salam koja dalam 1 cangkir air mendidih. Minum ramuan selagi hangat.

3. Daun salam koja untuk mengatasi penyakit diare dan disentri

Ambil 9 lembar daun salam, lalu cuci bersih dan potong kecil-kecil. Seduh daun salam dengan 1 cangkir air mendidih. Minum ramuan selagi hangat.

4. Daun salam koja untuk meredakan demam nifas dan sakit kepala

Ambil 9 lembar daun salam segar, lalu cuci bersih dan potong kecil-kecil. Seduh daun salam dengan 1 cangkir air mendidih. Minum ramuan selagi hangat.

5. Daun salam koja untuk mengatasi borok usus dan masuk angin

Ambil 1 jari akar dari tanaman salam koja, lalu cuci bersih dan potong kecil-kecil. Rebus akar tanaman salam dengan 2 gelas air hingga mendidih. Biarkan hingga airnya tersisa 1 gelas. Minum ramuan 2 kali sehari, masing-masing ½ gelas.

6. Daun salam koja untuk mengobati frambusia dan borok

Cuci bersih akar segar dari tanaman salam koja (bisa juga digunakan daun dan kulit batang salam koja yang masih segar) secukupnya, lalu tumbuk halus. Balurkan ramuan di bagian tubuh yang sakit.

Salam memang memiliki 2 jenis tanaman yakni daun salam yang biasa digunakan para ibu rumah tangga sebagai bahan pelengkap dari bumbu dapur dan salam koja yang merupakan rempah asli dari Aceh.

DAUN SALAM KOJA DAN DAUN CINCAU

Daun salam memang tak hanya dapat dijadikan sebagai bumbu dapur atau bahan pelengkap dari beberapa jenis makanan atau masakan dalam menu sehari-hari. Daun salam juga dapat digunakan sebagai herba yang berkhasiat obat untuk mengatasi dan mengobati penyakit seperti penyakit hipertensi, asam urat, kolesterol, mengobati gatal-gatal dan mengatasi konstipasi.

Sebenarnya penyakit apapun tidak selalu dapat disembuhkan dengan obat-obatan kimia yang harus dikonsumsi terus-menerus dengan efek samping negatif yang dapat memperburuk beberapa jaringan tubuh. Pemanfaatan dengan menggunakan beberapa macam herba juga dapat digunakan sebagai obat alami tradisional untuk mengatasi dan mengobati berbagai macam penyakit yang salah satunya adalah daun salam.

MEMBUDIDAYAKAN DAUN SALAM

Cara membudidayakan daun salam bisa dilakukan dengan memeprbanyakan tanamannya lewat biji, selain itu pemeliharaannya juga cukup mudah, Anda hanya perlu mencukupkan air dengan melakukan penyuraman dengan lebih memadai, membantu menjaga kelembapan dan pemupukan yang dilakukan dengan menggunakan pupuk yang dasar. Daun salam koja ini bisa tumbuh dengan baik pada daerah yang mempunyai suhu sedang sampai dingin.

Cara mengolah daun salam koja untuk membantu mengatasi berbagai penyakit adalah :

  1. Daun salam koja untuk luka baru : cucilah 5 gram daun salam koja sampai bersih, kemudian setelah itu tumbuklah sampai lumat. Tempelkanlah ramuan tadi diatas luka dengan menggunakan kain yang bersih.
  2. Obat cacing : ambillah 9 lembar daun salam koja yang segar, kemudian cucilah sampai bebrsih dan setelah itu potonglah kecil-kecil. Kemudian setelah itu seduhlah dengan menggunakan 1 cangkir air hangat. Dan setelah itu minumlah ramuan tadi selama masih hangat.
  3. Demam nifas dan obat sakit kepala : ambillah 9 lembar daun segar, kemudian cucilah sampai bersih dan potonglah kecil-kecil daun salam. Setelah itu seduhlah daun salam koja dengan menggunakan 1 cangkir air mendidih minum ramuan tadi selagi ramuan masih hangat.
  4. Daun salam untuk asam lambung : ambillah 30 gram daun salam koja, 30 gram sambiloto yang kering, dan gula batu secukupnya saja. Setelah itu, rebuslah dengan menggunakan air sebanyak 600 cc air sampai yang hanya tersisa adalah 300 cc air. Anda bisa minum air rebusan tadi untuk 2 kali dalam sehari, kemudian lakukanlah minum ramuan ini dengan teratur.
  5. Daun salam untuk kolesterol tinggi : ambil 7 lembar daun salam dan 30 garm daun ceremai dan setelah itu rebuslah dengan menggunakan 600 cc air sampai yang hanya tersisa adalah setengahnya saja. Kemudian minumlah air rebusan tadi dengan teratur.

Daun Salam Koja

Cara Beli Kapsul Daun salam

Daun Salam Untuk Membantu Menurunkan Tekanan Darah, Menurunkan Gula Darah, Mengobati Maag & Penyakit Lainnya

Daun Salam

Daun Salam

Harga Kapsul Daun Salam 1 Botol isi 80 Kapsul = Rp.95.000,-/botol

Cara Pemesanan :

SMS ke 0878-8856-6863, tuliskan : Pesan Kapsul Daun Salam, Jumlah Botol, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap


=====================================

>>> Kapsul Daun Salam Untuk Menurunkan Tekanan Darah, Menurunkan Gula Darah, Mengobati Maag & Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Daun Salam and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>