Daun Salam Untuk Asam Urat

asam uratAsam urat sendiri adalah sampah dari hasil metabolisme normal dari pencernaan protein (terutama dari daging, hati, ginjal dan beberapa jenis sayuran seperti kacang dan buncis) atau dari penguraian senyawa purin (sel tubuh yang rusak) yang seharusnya akan dibuang melalui ginjal, fese atau keringat.

Kadar asam urat darah rata-rata adalah antara 3-7 mg/ml dengan perbedaan untuk pria 2,1-8,5 mg/dl dan wanita 2,0-6,6 mg/dl. Untuk mereka yang berusia lanjut, kadar tersebut sedikit lebih tinggi. Gangguan asam urat terjadi bila kadar tersebut sudah mencapai lebih dari 12 mg/dl.

Pada sebagian orang yang berisiko, asam urat dalam kadar tinggi di dalam darah akan mengendap di sendi sebagai kristal berbentuk jarum. Kristal itu dianggap sebagai benda asing oleh tubuh, sehingga sistem imunitas melepaskan IgG yang memanggil pasukan sel darah putih untuk menumpas ‘pengganggu” tersebut.

Serangan asam urat umumnya terasa secara tiba-tiba (acute attack) tanpa disertai dengan gejala sebelumnya dan dimulai pada malam hari dengan lokasi utama pada sendi ibu jari kaki. Bisa juga mengenai tumit, lutut, pergelangan tangan dan kaki, siku dan jari tangan.

Asam urat tidak selalu dapat diatasi hanya dengan mengonsumsi obat-obatan terus-menerus, asam urat juga dapat diobati dengan menggunakan obat herbal yang berasal dari tanaman atau tetumbuhan herbal yang sudah lama digunakan oleh penduduk Indonesia terutama bagi mereka yang tinggal di daerah pedesaan.

Salah satu tanaman herbal alami yang dapat digunakan sebagai obat untuk mengobati asam urat adalah daun salam. Bagian tanaman yang digunakan adalah daun yang masih segar atau yang sudah dikeringkan. Salam mengandung tannin, flavonoid, alkaloid dan minyak atsiri yang terdiri dari sitrat dan eugenol.

daun-salamDaun salam mampu memperbanyak urine (diuretik) sehingga dapat menurunkan kadar asam urat darah. Selain sebagai peluruh kencing, salam juga berkhasiat sebagai penghilang rasa nyeri. Salam juga sering digunakan untuk pengobatan tekanan darah tinggi, asam urat, kencing manis, mabuk alkohol, kudis dan diare.

Dengan menggunakan daun salam sebagai obat herbal yang dapat membantu mengatasi dan mengobati asam urat mulai dari mengurangi gejala-gejala asam urat seperti :

1. Rasa nyeri yang dapat timbul di saat tengah malam. Rasa nyeri ini umumnya timbul di bagian ibu jari kaki (sendi metatarsofalangeal pertama) atau jari kaki (sendi tarsal).

2. Terkadang timbul bengkak di bagian tubuh yang terasa sakit atau nyeri

3. Rasa panas akibat nyeri dan bengkak

4. Kulit berwarna kemerahan

5. Dapat disertai dengan demam dengan suhu tubu 38,3 derajat celcius atau lebih dan adapat berlangsung selama 3 hari.

6. Muncul ruam kulit, sakit tenggorokan, lidah berwarna merah atau gusi berdarah.


=====================================

>>> Kapsul Daun Salam Untuk Menurunkan Tekanan Darah, Menurunkan Gula Darah, Mengobati Maag & Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Daun Salam and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>