Kandungan dan Khasiat Daun Salam

Daun salam rasanya kelat dan wangi. Daun salam mengandung minyak asiri 0,17%, sitral, egeunol, tanin, flavonoid, dan metil kavikol. Ekstrak etanol yang terdapat dari daun salam ini berfungsi sebagai zat antijamur, dan antibakteri, sedangakan ekstrak metanolnya berkhasiat sebagai zat anticacing.

Daun salam adalah sumber serta, vitamin A, vitamin C, kalsium, zat besi dan mangan yang sangat baik. Salam juga merupakan sumber folat yang baik. Hasil penelitian telah membukitkan bahwa kandungan zat tanin, minyak asiri dan flavonoid yang tersimpan dalam daun salam dapat memberi efek hipoglikemik (mengendalikan kadar glukosa dalam darah). Dengan demikian, kombinasi zat-zat yang tersimpan dalam daun salam ini sanggup menekan kadar gula darah yang tinggi. Daun salam juga terbukti dapat menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol dalam darah.

Bagian tanaman dari pohon salam yang banyak digunakan adalah bagian daunnya yang menyimpan kemampuannya dalam mengbati penyakit kolesterol tinggi, kencing manis, tekanan darah tinggi, sakit maag, diare dan menurunkan berat badan serta obat katarak, gatal-gatal, kudis dan eksim. Sedangkan bagian buahnya dapat dijadikan sebagai obat untuk mengatasi mabuk alkohol.

Jika daun salam dijadikan sebagai obat yang diminum dengan cara pemakaian, sebagai berikut :

- Untuk obat yang diminum, rebus daun segar atau daun yang telah dikeringkan (7-20 lembar) dengan api kecil selama 1 jam. Kemudian disaring dan minum hangat-hangat kuku

- Untuk obat luar, giling daun, kulit batang, atau akar sampai halus, lalu bubuhkan ke tempat yang sakit, seperti kudis dan gatal-gatal.

Contoh pemakaian daun salam lainnya

1. Diare

Cuci daun salam segar 15 lembar sampai bersih. Tambahkan 2 gelas air, lalu rebus sampai mendidih selama 15 menit. Selanjutnya, masukkan sedikit garam. Setelah dingin, saring dan minum airnya sekaligus.

2. Menurunkan kadar kolesterol yang tinggi

Cuci daun salam segar 10-15 gram) sampai bersih, lalu rebus dalam 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring dan minum airnya sekaligus di malam hari. Lakukan pengobatan ini setiap hari.

3. Sakit maag

Cuci daun salam segar 15-20 lembar sampai bersih. Rebus dnegan 1/2 liter air sampai mendidih selama 15 menit. Tambahkan gula enau secukupnya. Setelah dingin, minum airnya sebagai teh. Lakukan setiap hari sampai rasa perih dan penuh di lambung hilang.


=====================================

>>> Kapsul Daun Salam Untuk Menurunkan Tekanan Darah, Menurunkan Gula Darah, Mengobati Maag & Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Daun Salam and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>