Manfaat Daun Salam

Daun salam yang dalam bahasa ilmiahnya disebut sebagai Eugenia polyantha. Daun salam sudah sejak zaman dahulu dikenal sebagai bumbu masakan. Namun, dalam perkembangannya, daun salam juga dimanfaatkan sebagai bahan ramuan obat tradisional.

Tanaman salam merupakan tanaman berkayu yang dimanfaatkan daunnya. Daun salam sering digunakan untuk berbagai masakan maupun obat. Pohon salam tumbuh liar di hutan, di daerah pegunungan maupun ditanam di halaman rumah sebagai tanaman bumbu.

Tumbuhan berbatang besar dan tinggi ini, tingginya bisa mencapai 25 meter. Daunnya yang rimbun, berbentuk lonjong/bulat telur, berujung runcing bila diremas mengeluarkan bau haum. Bunganya yang berwarna putih dan harum. Buahnya kecil-kecil sebesar buni dan rasanya sedikit sepat. Ketika masih muda buahnya berwarna hijau, kemudian kalau sudah tua berwarna merah kehitaman.

Pemeliharaan tanaman ini cukup mudah. Seperti halnya tanaman-tanaman pertanian lainnya, salam membutuhkan lahan yang subur dengan jumlah air di dalam tanah yang cukup. Tanaman ini bisa tumbuh dengan baik di daerah terbuka dengan unsur hara dalam tanah yang seimbang.

Bagian tumbuhan atau tanaman salam ini yang dapat dijadikan sebagai bahan obat adalah daun, kulit batang, dan akar. Dari beberapa penelitian disebutkan bahwa tanaman ini kaya akan kandungan kimia seperti minyak asiri (0,05%) yang mengandung sitral, eugenol, tanin, dan flavonoida. Dalam farmakologi Cina dan pengobatan tradisional disebutkan bahwa salam memiliki sifat wangi, rasa kalet (rasa sepat yang menimbulkan kesat karena larutnya lapisan lendir), astrigen, dan memperbaiki sirkulasi (sistem yang terdiri jantung, peredaran darah dan peredaran getah bening).

Berdasarkan beberapa literatur dan berbagai pengalaman dari pengobat tradisional, daun salam dapat dipakai untuk mengobati hipertensi, diabetes, diare, maag, mabuk akibat alkohol, kudis dan gatal-gatal.


=====================================

>>> Kapsul Daun Salam Untuk Menurunkan Tekanan Darah, Menurunkan Gula Darah, Mengobati Maag & Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Daun Salam and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>